Danramil 1007 Kecamatan Conggeang Kodim 0610 Sumedang bersama Gapoktan Melakukan Penanaman Pohon Keras berbuah

Sumedang, RBO – Danramil 1007/Conggeang Kodim 0610/Sumedang Kapten inf Lilo Witjaksono beserta anggota melaksanakan penanaman pohon keras berbuah di wilayah Desa Ungkal Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Jum’at (28/06/2024).

Hadir dalam kegiatan, Danramil 1007/Conggeang Kapten inf Lilo Witjaksono beserta Anggota, Kepala Desa,Ungkal Bp’Deden Sudinta beserta Perangkat, Kepala Hutbun Wil, Conggeang Bp’ Otong, Babinsa Ungkal Serma Eman Sulaeman, Poktan Sinar Mukti, Warga masyarakat setempat.

Danramil 1007/Conggeang Kapten Inf Lilo Witjaksono menjelaskan bahwa penanaman pohon memiliki dampak positif dalam mengurangi risiko banjir dan longsor.

“Pohon memiliki peran penting dalam menyerap air, mengurangi erosi tanah, dan menjaga stabilitas lereng. Dengan penanaman pohon yang terorganisir, kita dapat menciptakan buffer alam yang efektif untuk melindungi wilayah kita dari bencana alam,” tegas Danramil.

Lanjut Danramil, kegiatan penanaman beberapa jenis Pohon keras ini juga merupakan strategi pengurangan risiko bencana dengan tujuan memitigasi dan mencegah potensi bahaya tanah longsor di kawasan dengan kemiringan lereng,” Ucap Danramil.

Lebih dari 200 bibit pohon ditanam di daerah rawan banjir dan longsor, seperti lereng bukit dan tepi sungai. Pemilihan jenis pohon didasarkan pada kebutuhan lingkungan setempat, dengan mempertimbangkan kemampuan menyerap air dan akar yang kuat untuk mengurangi erosi tanah.

Selain upaya pencegahan bencana alam, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim.

Pemahaman akan pentingnya menjaga ekosistem lokal dan partisipasi aktif dalam kegiatan lingkungan diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan ketahanan komunitas setempat,” pungkasnya. (Nbbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *