Temu Ilmiah ITP2I, Associatie Professor UTM: Banyak Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Pangkalan Kerinci, RBO – Sudah sejak dulu daun kelor dipercaya memiliki sejuta manfaat untuk memberantas berbagai masalah kesehatan. Makanya daun kelor masuk ke dalam jajaran tumbuhan apotik hidup atau obat herbal yang khasiatnya tidak main-main.

Selain menjadi bahan obat, ternyata ada manfaat daun kelor lainnya, yakni bisa memaksimalkan kesehatan. Hal ini disampaikan, Associatie Professor Ir. Dayang Norulfairuz Abang Zaidel, Ph. D, CengMIChemE, Peng. Dosen Universitas Teknologi Malaysia (UTM).

Kegiatan itu dalam rangak Temu Ilmiah 1 yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I) dengan tema “Pembangunan Perkebunan berkelanjutan”.

Moringa oleifera atau yang awam disebut daun kelor adalah tumbuhan yang aslinya hidup di India bagian utara. Namun, saat ini daun kelor telah tersebar di berbagai negara.

Untungnya daun kelor bisa hidup dengan baik di daerah beriklim hangat ataupun di daerah empat musim, sehingga mudah dibudidayakan di mana saja.

“Daun kelor sudah terbukti secara saintifik memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit berkat kandungan nutrisi yang tinggi. Tanaman kelor terdapat berbagai macam vitamin dan mineral penting.

Beberapa di antaranya: vitamin C, potassium, kalsium, protein, zat besi, asam amino, magnesium, vitamin B6, vitamin A, antioksidan, vitamin B3, vitamin B1, folat, vitamin B2, zinc, dan phosphorus,” papar Associatie Professor Ir. Dayang Norulfairuz Abang Zaidel, Ph. D, CengMIChemE, Peng.

Sambung Dosen Luar Negeri ini, tingginya kandungan nutrisi tersebut berhasil menjadikan daun kelor sebagai tumbuhan penuh gizi yang ampuh mengatasi macam-macam masalah kesehatan.

Sementara itu, alumni ITP2I Raihan Afrinal Dumaianta SP mengatakan, dengan kegiatan temu ilmiah ini sangat baik bagi para mahasiswa dalam menambah keilmuan dan wawasan mahasiswa itu sendiri. Apalagi, narasumbernya dari Dosen dari luar negeri yang berkompeten di bidangnya.

“Bagus ini, temu ilmiahnya. Tentunya, menambah wawasan mahasiswa dan keilmuan. Apalagi, temu ilmiah yang yang disampaikan profesor luar negeri menyebutkan banyak manfaat daun kelor,” ucap Raihan.

Ditambahkan Raihan, jadi selama ini Bupati mengajak masyarakat hidup sehat dengan mengkonsumsi daun kelor sudah sangat tepat sekali. Mengingat, banyak sekali manfaat daun kelor yang telah disampaikan Professor Ir. Dayang Norulfairuz Abang Zaidel, Ph. D, CengMIChemE, Peng. (Sur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *