
Rotasi Besar! Pj Bupati OKI Lantik 49 Pejabat, ASN Diminta Jaga Integritas
Ogan Komering Ilir, RBO – Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Asmar Wijaya, melantik 49 pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI pada Selasa (18/2/2025).
Pejabat yang dilantik terdiri dari 12 orang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT), 25 pejabat administrasi, dan 12 pejabat fungsional. Dalam sambutannya, Asmar menegaskan bahwa pelantikan ini merupakan bagian dari proses meritokrasi yang telah berjalan dengan baik di Pemkab OKI.
“Pelantikan ini merupakan proses panjang dan bagian dari mekanisme meritokrasi yang rutin dilakukan sebagai jenjang karier bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten OKI,” jelasnya.
Seleksi Berdasarkan Job Fit dan Persetujuan Pusat
Sebelum pelantikan, Pemkab OKI telah melakukan serangkaian uji kesesuaian (job fit) terhadap pejabat pimpinan tinggi pratama.
Hasil evaluasi ini menjadi dasar dalam pengisian jabatan, yang juga telah mendapat pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
“Kami telah beberapa kali mengajukan usulan, hingga akhirnya keluar pertimbangan teknis dari BKN dan izin dari Kemendagri. Artinya, semua sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku,” tegas Asmar.
Penyegaran Organisasi dan Tantangan Pejabat Baru
Asmar menganalogikan organisasi pemerintahan seperti tubuh manusia yang membutuhkan penyegaran agar tetap produktif.
“Diperlukan ide dan pemikiran baru untuk memajukan organisasi dengan menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat,” ujarnya.
Ia juga berpesan kepada para pejabat yang baru dilantik untuk segera beradaptasi dengan jabatan barunya, meningkatkan koordinasi antar-stakeholder, serta bekerja secara profesional.
“Segera pahami tugas dan tanggung jawab masing-masing. Jaga nama baik, dan pastikan untuk selalu bekerja sesuai dengan etika, norma, serta hukum yang berlaku,” pesan Asmar.
Selain itu, Asmar meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten OKI untuk tetap mendukung visi, misi, dan program prioritas Bupati definitif yang akan dilantik pada 20 Februari mendatang.
Daftar Pejabat yang Dilantik
Adapun beberapa pejabat yang dilantik antara lain:
Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT):
Aris Panani, SP., M.Si – Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan & SDM
H. Reswandi, SP., MM – Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah
Drs. H. Alamsyah, M.Si – Asisten Bidang Pemerintahan & Kesra
Ir. Sahrul, M.Si – Kepala Dinas Perdagangan
Ir. Irawan, MM – Kepala Dinas KPTPH
Zulpikar, S.Sos., M.M. – Kepala Dinas PPKB
Dwi M. Zulkarnain, SH., M.Si – Kepala Dinas Sosial
Herliansyah, S.STP., M.Si – Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan & Pembangunan
Alexsander, SP., M.Si – Kepala Dinas Pertanahan
Antonio Romadhon, S.Sos., MM – Kepala Disnakertrans
Mauliddini, S.K.M., M.Si – Kepala Dinas Kearsipan & Perpustakaan
Drs. H. Antonius Leonardo, M.Si – Kepala BKPSDM
Pejabat Administrasi & Fungsional:
dr. Asri Wijayanti, M.Kes – Kabid Penyuluhan & Pergerakan pada DPPKB
Hj. Indrawati, SKM – Kabid Pengembangan SDM & Sarana Prasarana pada RSUD Kayuagung
Pusriyah, SKM – Kabid Pengelolaan & Pemanfaatan Arsip pada Dinas Kearsipan & Perpustakaan
Yovi Zervesi, SIP, M.Si – Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Madya pada DPMPTSP
Herianto, S.Pd, M.Si – Kabid Guru & Tenaga Kependidikan pada Dinas Pendidikan
Romli, S.Pd – Kabid Pemerintahan & Pembangunan Manusia pada Bappeda
Ahmad Gusti, M.Si – Perencana Ahli Madya pada Bappeda
Yurina Madona, S.Sos – Kabid Aset Daerah pada BPKAD
M. Danni Oktaviano, SP., MSi – Kabag Kesra
Eva Maya Sari, SKM., M.Kes – Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan
Mukti Uli Artha, SKM – Kabid Pengelolaan Sampah & Limbah B3 pada DLH
R. Anggraeni Octry, ST, M.T – Kabid Perumahan pada DPRKP
Isa Irawan, ST – Kabid Rehabilitasi & Rekonstruksi pada BBPD
Ahmad Maliki J, ST., M.Si – Sekretaris pada Dinas Pendidikan
Apriantini, S.Pd., M.Si – Kasubbag Tata Usaha & Kepegawaian pada Sekretariat DPRD OKI
Dewi Habibah, SE – Kasubbag Umum & Kepegawaian pada Dinas PUPR
Ayu Pinah, S.Si – Kasubbag Umum & Logistik pada RSUD Kayuagung
Pelantikan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja aparatur Pemkab OKI dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (Nov)
Average Rating