Perumda Air Minum Tirta Raharja Terus Optimalkan Pelayanan Terhadap Masyarakat
KAB BANDUNG, RB.Online – Musim kemarau tinggal di depan mata, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja tetap mengedepankan pelayanan optimal kepada 107.316 sambungan rumah.
Manajer Junior Humas Perumda Air Minum Tirta Raharja, Sri Hartati, mengatakan, saat ini daerah yang melayani kebutuhan air minum masyarakat/pelanggan di 4 wilayah pelayanan.
“Wilayah Pelayanan satu meliputi Soreang dan Ciwidey, Wilayah Pelayanan dua meliputi Banjaran, Bojongsoang dan Pangalengan, Wilayah Pelayanan tiga meliputi Ciparay, Majalaya, dan Rancaekek, Wilayah empat Cimahi, Cisarua, Padalarang, dan Cililin, pasokan air mengalami penurunan,” ujar Sri, Jumat (17/09/2021).
Perlu disampaikan bahwa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di empat wilayah tersebut, pada masing-masing Wilayah Pelayanan memiliki sumber air, sistem pengolahan air, sistem distribusi dan pelanggan dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan kondisi lingkungan dan sosialnya.
Selain itu, sambung Sri, pendistribusian air hasil pengolahan dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perumda Air Minum Tirta Raharja kepada para Pelanggan mengalami fluktuasi secara kuantitas, dan kontinuitas pengaliran.
“Hal ini sebagai dampak perubahan musim yang memasuki musim kemarau, menyebabkan berkurangnya kapasitas sumber air, serta berdampak pula terhadap Pelayanan Perumda Air Minum Tirta Raharja. Untuk itu kami mohon, agar bisa Pelanggan mengantisipasinya dengan menyediakan penampungan air secukupnya secara bijak dalam penggunaan air,“ katanya.
Lebih lanjut, Sri menjelaskan, Perumda Air Minum Tirta Raharja melakukan pengecekan secara kontinyu terhadap ketersediaan sumber air baku, rekayasa jaringan perpipaan dengan penjadwalan terhadap pendistribusian air ke setiap jalur pipa pelanggan yang terdampak, serta memfasilitasi menyediakan armada tangki untuk pengiriman air minum kepada masyarakat/ pelanggan.
”Untuk memudahkan pelanggan menyampaikan keluhan bisa melalui layanan Whatsapp wilayah pelayanan satu Soreang 08112228563, wilayah Pelayanan dua Banjaran 081120000206, wilayah pelayanan tiga Ciparay 08112228562, wilayah pelayanan empat Cimahi 08112228561. Dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan. Selanjutnya, kirimkan pesan dimaksud ke nomor Pengaduan Pelanggan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja,” pungkasnya. (Herman)