Kepala Desa Cicadas Figur Pimpinan Pilihan Masyarakat

MAJALENGKA, RBO – Pada hari dan tanggal yang sama hanya jarum jam yang menujukan waktu berbeda pukul 13.30 WIB Kepala Desa Cicadas, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka mendapat giliran Jadwal Sosialisasi Kegiatan Fasilitasi Pembangunan Infrastruktur Desa Tahun 2022 dari Tim 1 (Bupati, Inspektorat dan BPMD Kabupaten Majalengka.

Kepala Desa (Kades) Cicadas, Umar Zen, termasuk seorang figur pimpinan masyarakat yang dikatagorikan mampu melaksanakan roda pemerintahan yang lebih baik, terutama dalam melaksanakan kegiatan pembangunan serta dapat memberdayakan masyarakatnya.

Kades Umar Zen, menurut mayoritas jumlah penduduk warga masyarakat setempat, secara logika diakui bahwa Kades Umar termasuk figur suri tauladan adapun masih ada kekurangan itu hal yang wajar secara manusiawi namun dia tidak alergi untuk dikritik.

Ketika Kades Umar Zen ditemui Awak Media Reformasi Bangsa di ruang kerjanya, pada Hari Rabu (23/11/2022) dalam rangka menyambut Sosialisasi kegiatan pembangunan infrasturktur, mengutarakan bahwa.

“Alhamdulillah Dana Desa (DD) tahap awal (Tahun 2022) untuk Pembangunan infrastruktur TPT dan posyandu serta pemberian bantuan langsung tunai untuk 138 kelompok penerima manfaat berjalan lancar dan kondusif,” jelasnya.

“Kemudian proses pelaksanaan program pembangunan TPT dan posyandu yang anggarannya dari dana desa tahap pertama tahun ini juga berjalan lancar,” terang Kades.

Termasuk anggaran bantuan langsung non tunai dari bantuan DD untuk Desa Cicadas dari tahap satu dengan total anggaran 40 persen.

“Masing-masing masyarakat menerima uang senilai Rp 300 ribu per bulan, mekanisme untuk pencairannya ditransfer melalui rekening penerima itu juga tidak ada kendala,” tutur Kades Umar.

Setiap agenda pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan selalu ditempuh melalui musyawarah desa dengan usulan dari masyarakat serta lembaga-lembaga desa seperti LPM ,BPD, tokoh masyarakat dan pemuka agama.

Masih menurut Kades Umar Zen, saat ini Jajaran Pemdes Cicadas mendapat kujungan kehormatan dari Tim 1 (Bupati, Inspektorat dan BPMD Kabupaten Majalengka) dalam rangka sosialisasi kegiatan fasilitasi pembangunan infrastruktur desa.

“Mudah-mudahan bisa lebih mempercepat pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas roda pemerintahan Desa Cicadas,” ungkap Kades Umar.

Artinya begini, tutur Umar, Pemerintah mengulirkan program pembangunan infrastruktur desa melalui program padat karya sasarannya adalah untuk peningkatan pembangunan desa dan membuka lapangan kerja sekaligus meningkatkan tarap perekonomian masyarakat.

Dalam hal ini lanjut Kades Umar, jajaran Pemdes Cicadas mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah pusat maupaun Daerah atas digulirkannya program padat karya Infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah desa secara swakelola.

“Karena ini jelas sangat membantu pemerataan pembangunan dan menciptakan peluang serta lapangan kerja bagi masyarakat Desa Cicadas pada khususnya,” beber Kades Umar Zen, (M. Yahya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *