Terkait Gas Bumi untuk Rumah Tangga, Pemda Pelalawan Gelar Rakor Lanjutan 

Pelalawan, RBO – Pemda Pelalawan Adakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lanjutan Terkait Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga Di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Bupati Pelalawan diwakili oleh Asisten II Drs Fakhrizal, M.Si pimpin rapat koordinasi lanjutan terkait pelaksanaan swakelola penyusunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di Kecamatan Pangkalan Kerinci yang dilaksanakan di ruang rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rabu (11/9/2024).

Dalam rapat ini dibahas agenda sosialisasi penggunaan gas rumah tangga kepada masyarakat yang rencananya akan dilakukan beberapa waktu kedepan kepada para masyarakat pengguna gas rumah tangga ini.

Asisten Fakhrizal meminta kepada Camat dan lurah untuk berkoordinasi terkait lokasi dan masyarakat target penerima bantuan gas rumah tangga ini.

Kemudian juga dilakukan diskusi mengenai bagaimana teknis pengerjaan jaringan gas rumah tangga, seperti penyediaan dokumen pendukung, menentukan lokasi pembangunan jaringan gas rumah tangga, perizinan, koordinasi dengan provider internet ketika melaksanakan pembangunan jargas, uji kelayakan, dan lainnya.

Asisten Fakhrizal mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pelalawan patut bersyukur atas dikabulkannya pemasangan jaringan gas tahap II di Kota Pangkalan Kerinci ini.

“Kita sudah mengajukan sekitar 10.000 jaringan gas tambahan, namun yang dikabulkan hanya sekitar 6.000 jargas. Awalnya kan kita sudah memasang sekitar 3.712 jargas yang telah dinikmati manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Fakhrizal.

“Sebagai wilayah penghasil gas bumi, tidak boleh hanya menjadi penonton di negeri sendiri, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Pelalawan harus terus berjuang agar masyarakat kita bisa menikmati kekayaan alam kita.” Jelasnya lagi.

Fakhrizal mengatakan bahwa Kementrian ESDM juga ingin melihat kepastian dan keseriusan pemerintah Kabupaten Pelalawan terkait kesiapan terhadap permintaan bantuan jaringan gas rumah tangga itu, sehingga kita melaksanakan rapat koordinasi ini untuk persiapan lebih lanjut.

Kemudian Fakhrizal juga meminta Pemda melalui Dinas terkait untuk mendampingi dan mengontrol pembangunan jargas kedepannya, agar pembangunannya bisa aman tanpa menimbulkan kerusakan pada lingkungan dan infrastruktur yang telah ada.

Fakhrizal juga menyampaikan bahwa pemasangan jaringan gas rumah tangga ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam penggunaan gas rumah tangga yang lebih murah dan ramah lingkungan serta tidak ribet.

“Kita akan memprioritaskan kepada masyarakat kategori kurang mampu untuk memberikan mereka kemudahan karena pemasangan jaringan gas ini gratis semuanya, sehingga mereka tidak perlu mengisi ulang gas elpiji seperti biasanya,” tuturnya.

“Kita harapkan dengan bantuan ini, masyarakat jadi terbantu hidupnya dan lebih produktif dengan jaringan gas rumah tangga ini, dan kita harapkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.” Tutup Asisten II ini. (Sur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *